Latest News

1xbet
TEXASPOKER WIGOBET AFAPOKER RGOBET
123samsung Situs Judi Online Terpercaya

Jumat, 10 Agustus 2018

Rumah Makin Asri dengan Bonsai!

1xinfo.net - Kamu pasti tahu dong tumbuhan bonsai? Hampir sebagian besar orang tahu bahwa bonsai adalah tanaman kerdil yang cantik dengan harga jual yang sangat tinggi. Karena Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki aneka ragam tumbuhan, Indonesia memiliki banyak jenis tumbuhan yang dapat dijadikan bonsai.

Untuk bisa membuat tanaman bonsai dengan bentuk yang unik dibutuhkan keahlian khusus dan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya. Hal itulah yang menjadikan harga tanaman bonsai bisa mencapai ratusan juta rupiah, tergantung pada usia bonsai dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.

Apa kamu tertarik memelihara bonsai di rumah? Jika ya, yuk kenali jenis bonsai yang bisa kamu pilih berikut ini!

1. Bonsai Adenium
Adenium atau yang disebut dengan kamboja Jepang adalah salah satu jenis tanaman hias yang indah dibonsai karena memiliki akar dan bonggol yang besar dan daya tahan hidup yang tinggi. Bunga Adenium yang berwarna-warni membuat tanaman satu ini semakin menarik untuk dijadikan bonsai.

Kepopuleran bonsai Adenium sampai ke luar negeri. Banyak pencinta tanaman mencari bonsai Adenium karena keunikannya. Bonggolnya yang besar membuat kita bisa bebas berkreasi sesuai keinginan kita. Padukan juga bonsai ini dengan pot yang cantik.

2. Bonsai Beringin Korea
Berdasarkan perkembangannya, bonsai beringin telah berhasil mengalahkan pamor dari bonsai asam belanda ataupun asam jawa. Bonsai beringin lebih disukai karena mempunyai badan yang besar dan tidak mudah mati.

Selain itu, bonsai beringin juga mempunyai karakter bentuk batang dan akar yang atraktif. Pohon beringin banyak ditanam di sekitar taman rumah untuk dijadikan tanaman hias.

3. Bonsai Bougainville
Tanaman bunga bougainville atau kerap disebut sebagai bunga kertas juga salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Bunga bougainville sendiri dipercaya sebagai tanaman yang bisa membawa keberuntungan.

Nggak heran jika harga tanaman hias bonsai ini cukup mahal dan jarang sekali dijual di pasaran secara bebas. Bougainville dapat hidup baik di dataran rendah dan mampu beradaptasi dengan kekurangan air.

4. Bonsai Cemara Udang
Cemara udang juga termasuk jenis tanaman yang bisa dibuat bonsai. Tumbuhan atau pohon dengan daun yang lancip pada bagian ujungnya seperti jarum ini juga sering disebut sebagai cemara jarum. Selain bentuk daunnya yang unik, cemara udang juga mempunyai batang yang besar dan keras.

Nggak heran jika harga tanaman hias bonsai ini cukup mahal dan jarang sekali dijual di pasaran secara bebas. Bougainville dapat hidup baik di dataran rendah dan mampu beradaptasi dengan kekurangan air.

5. Bonsai Cemara Udang
Cemara udang juga termasuk jenis tanaman yang bisa dibuat bonsai. Tumbuhan atau pohon dengan daun yang lancip pada bagian ujungnya seperti jarum ini juga sering disebut sebagai cemara jarum. Selain bentuk daunnya yang unik, cemara udang juga mempunyai batang yang besar dan keras.

Meski tampilannya sangat menarik, bunga Azalea memiliki pertumbuhan yang relatif lambat. Selain itu, bunga Azalea hanya akan berbunga apabila tumbuh di daerah tinggi yang bersuhu rendah.

Bila ditanam di daerah yang rendah, Azalea sulit berbunga bahkan tidak mengeluarkan bunga sama sekali. Hal ini terkait dengan kebutuhan sinar matahari yang diperlukan bunga Azalea.

6. Pohon Bonsai Serut
Pohon bonsai satu ini memiliki karakteristik daunnya hijau lebat dengan batang berwarna putih. Bonsai serut memiliki buah berwarna hijau dan bunga yang berwarna putih. Namun karena ukurannya yang sangat kecil, kedua bagian tersebut tidak terlalu terlihat. Batang bonsai ini mudah tumbuh di area yang kecil, tunasnya mudah sekali muncul sehingga kita bisa membentuknya batangnya sesuai keinginan kita.

Pada musim kemarau, bonsai serut akan merontokkan daunnya sebagai salah satu upaya bagi tumbuhan untuk menghemat air yang terkandung di dalamnya. Tapi, daun-daun yang berguguran tersebut akan tumbuh kembali seminggu setelahnya.

7. Bonsai Pinus
Bonsai pinus adalah salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari pohon pinus atau tusam. Di Indonesia, tanaman ini sering juga disebut dengan damar bunga.

Pohon pinus sesungguhnya memiliki struktur yang sangat besar. Tingginya bisa mencapai 20 sampai 40  meter, namun ketika dibuat bonsai bisa menjadi versi kecil yang tingginya hanya 1 meter saja. Daunnya yang berbentuk jarum berwarna hijau cerah dan diselimuti sisik tipis akan semakin indah ketika ditanam dalam bentuk bonsai.

8. Bonsai Buxus
Buxus atau boxwood adalah salah satu spesies tumbuhan yang bisa dibentuk sebagai bonsai. Memiliki daun yang mengelilingi tangkai hingga batangnya, tanaman ini tingginya hanya 30 sampai 40 sentimeter dan umurnya bisa mencapai 15 tahun.

Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Eropa bagian barat dan selatan, Afrika bagian barat laut, serta Asia barat daya. Buxus bisa dikatakan tumbuhan langka. Banyak pencinta tanaman hias yang belum mengetahui keberadaan tumbuhan unik dan eksentrik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami di Facebook