Latest News

1xbet
TEXASPOKER WIGOBET AFAPOKER RGOBET
123samsung Situs Judi Online Terpercaya

Jumat, 20 Juli 2018

5 Langkah Mencairkan Daging Beku dengan Cepat dan Higienis

Menyimpan daging. (Foto: Thinkstock)

1xinfo.net - Bila dulunya memasak dianggap memerlukan waktu yang cukup lama dan proses yang rumit, kini proses memasak menjadi semakin singkat dan praktis dengan banyaknya teknologi dan bahan makanan siap pakai yang banyak tersedia di pasaran. Berbagai bahan tersebut mampu meringkas waktu yang diperlukan untuk mengolahnya.
Salah satu bahan makanan praktis yang sering diolah menjadi masakan adalah makanan beku. Mulai dari daging, ikan, hingga sayuran. Kendati telah diawetkan melalui proses pembekuan, berbagai makanan ini tidak bisa langsung diolah dan harus dicairkan terlebih dahulu. 
Dan ternyata, mencairkan makanan beku, terutama daging tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena rentan terkontaminasi oleh bakteri dan dapat menyebabkan keracunan. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mencairkan daging yang masih beku sebelum memasaknya? Dilansir The Kitchn berikut ulasannya:


1. Buka pembungkus daging dan masukkan ke dalam mangkuk
Daging di wadah kedap udara. (Foto: Thinkstock)
Buka plastik pembungkus pada daging dan masukkan ke dalam mangkuk. Usahakan ukuran mangkuk cukup besar sehingga daging dapat masuk ke dalamnya secara utuh.


2. Isi mangkuk dengan air
Daging Ayam. (Foto: Thinkstock)
Setelah daging berada di dalam mangkuk, tambahkan air ke dalamnya. Gunakan air hangat agar daging beku bisa mencair dengan lebih cepat. Namun, jangan siram dengan air panas karena dapat merusak tekstur pada daging.


3. Letakkan mangkuk berisi daging di bawah air mengalir
Ilustrasi mencuci daging ayam (Foto: Thonkstock)
Taruh mangkuk berisi daging di dalam wastafel dan nyalakan keran air. Pastikan suhu air pada keran cukup dingin untuk disentuh. Hal ini akan membantu air rendaman daging tetap berada pada suhu konstan dan mempercepat proses pencairan daging. Biarkan air tetap mengalir selama beberapa saat untuk meminimalisir perkembangan bakteri saat daging beku mulai mencair.


4. Diamkan daging di dalam air hingga mencair
Ilustrasi Daging dan Pisau (Foto: Thinkstock)
Sebelum daging benar-benar mencair, usahakan untuk tetap meletakkannya di dalam air. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan potongan kecil daging seperti dada ayam atau sosis adalah selama 20 menit, sedangkan daging yang lebih besar membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni antara satu hingga dua jam. Kendati demikian, usahakan untuk tidak meninggalkan daging di luar kulkas selama lebih dari empat jam.


5. Bersihkan wastafel
Membersihkan wastafel. (Foto: Thinkstock)
Setelah selesai mencairkan daging, jangan lupa untuk membersihkan wastafel. Daging beku yang telah mencair akan meninggalkan bakteri di wastafel dan dapat membuat bahan makanan lain terkontaminasi bila tidak segera dibersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami di Facebook