Latest News

1xbet
TEXASPOKER WIGOBET AFAPOKER RGOBET
123samsung Situs Judi Online Terpercaya

Sabtu, 16 Juni 2018

10 Masjid di Indonesia ini tetap artistik meski tanpa kubah

1xinfo.net - Kubah menjadi ornamen yang sangat identik dengan bangunan masjid atau tempat ibadah umat Islam. Dalam sejarahnya, kubah bukanlah berasal dan berakar dari arsitektur Islam. Ajaran Islam nggak membawa secara langsung tradisi budaya fisik ini.

Seiring berkembangnya teknologi arsitektur, kubah yang berbentuk separuh bola muncul sebagai penutup masjid. Masjid Qubbat as Sakhrah di Yerussalem menjadi masjid pertama yang menggunakan model kubah. Sedangkan di Indonesia, kubah masjid baru dikenal pada akhir abad ke-19 M. 

Meskipun sudah menjadi hal yang identik dengan masjid, namun bukan berarti kubah menjadi syarat utama untuk mendirikan sebuah tempat ibadah. Tak sedikit pula masjid-masjid yang nggak menggunakan kubah sebagai penutup bagian atasnya namun tetap artistik. 

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (20/5). Berikut sepuluh masjid di Indonesia yang tetap artistik meski tanpa kubah. 

1. Masjid Agung Demak.

foto: Idsejarah.net

Meski tak memiliki kubah, namun Masjid Agung Demak tetap memiliki cirikhas tersendiri. Bangunan Masjid Agung Demak mempunyai unsur kebudayaan Hindu Jawa yang terletak pada bentuk bangunan candi yang runcing ke atas dan bersusun tiga. 

2. Masjid Agung Banten.

foto: id.wikipedia.org

Masjid ini memiliki karakteristik seperti Masjid Agung Demak yang atapnya tidak menggunakan bentuk kubah. Tapi hal tersebut malah menjadi kekhasannya, bangunan utama yang bertumpuk lima itu menyerupai pagoda China yang juga merupakan karya arsitek China bernama Tjek Ban Tjut. 

3. Masjid Raya Bani Umar Tangerang.

foto: tangerangnews.com


Masjid Raya Bani Umar meruapkan salah satu masjid yang memiliki menara tertinggi di Tangerang. Ya, meskipun tak memiliki kubah, namun menara setinggi 50 meter menjadi cirikhas masjid yang dirancang arsitek Fauzan Noe'man. Masjid ini dibangun pada 2007 di atas lahan seluas 1,2 hektare. 

4. Masjid Al Irsyad Bandung.

foto: simas.kemenag.go.id

Masjid ini merupakan karya dari Ridwan Kamil yang terinspirasi dari Ka'bah di Makkah. Masjid Al Irsyad Bandung tanpa kubah menjadi cirikhas tersendiri bagi masjid ini. Jika malam tiba, langit-langit masjid dihiasi 99 lampu sebagai simbol asmaul husna.  

5. Masjid Cut Meutia Jakarta.

foto: istimewa

Bangunan masjid ini memang nggak menyerupai masjid pada umumnya. Masjid yang memiliki gaya arsitektur Art Nouveau (tiap sisinya mempunya dua atau tiga buah kaca jendela) ini terdapat lambang bulan dan bintang yang terdapat pada atap bangunan ini. Sebelum resmi difungsikan sebagai masjid, bangunan ini pernah digunakan sebagai biro arsitek, kantor pos dan kantor wali kota. 

6. Masjid Al-Safar.

foto: Instagram/@dudisugandi

Masjid Al-Safar merupakan masjid kedua yang dirancang Ridwan Kamil. Masjid yang terletak di rest area KM 88B di Tol Cipularang. Masjid yang diresmikan pada 19 Mei 2017 ini mempunyai bentuk bangunan yang unik dan modern menyerupai topi adat Sunda. 

7. Masjid Salman ITB.

foto: kabar.salmanitb.com

Masjid Salman yang terletak di Kampus ITB ini menjadi salah satu bangunan masjid tanpa kubah selanjutnya. Dirancang oleh Alm. Achmad Noeman, masjid ini dipenuhi dengan ornamen garis vertikal yang menandakan hubungan manusia dengan Tuhan, dan garis horizontal menandakan hubungan sesama manusia. Masjid Salman juga memiliki atap yang terbuat dari beton dan berbentuk cekung yang memiliki makna ketika tangan menengadah ke atas untuk berdoa kepada Tuhan. 

8. Masjid 99 Cahaya Tubaba Lampung.

foto: istimewa

Masjid 99 Cahaya merupakan salah satu bangunan masjid yang menjadi cirikhas dari daerah Tulang Bawang Barat, Lampung. Masjid yang dirancang oleh Andramati ini sengaja dibuat tanpa kubah, dan ditandi dengan tinggi bangunan yang menjulang. Filosofi tersebut menandakan hubungan antara manusia dengan Tuhannya. 

9. Masjid Cheng Ho Surabaya.

foto: chenghoo.co

Masjid Cheng Ho merupakan bangunan masjid yang mengusung nuasan muslim Tionghoa sebagai filosofi bangunanny. Diresmikan sejak 2002, masjid yang juga diberi nama Muhammad Cheng Ho ini mirip dengan bangunan kelenteng yang memiliki nuansa warna kuning, hijau dan merah. Masjid yang dibangun berkat inisiasi dari tokoh masyarakat muslim Tionghoa ini terletak 1 KM di sebelah utara Gedung Balaikota Surabaya.

10. Masjid Raya Sumatera Barat.

foto: commons.wikipedia.org

Masjid Raya Sumatera Barat terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang dan merupakan masjid terbesar di provinsi tersebut. Masjid yang selesai dibangun pada 2007 ini merupakan karya arsitek Rizal Muslimin yang berhasil memenangkan sayembara desain bangunan masjid yang diadakan Pemerintah Kota Padang dan diikuti 323 arsitek dari berbagai negara. Bangunan masjid ini memiliki cirikhas bangunan seperti rumah khas Padang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami di Facebook