Latest News

1xbet
TEXASPOKER WIGOBET AFAPOKER RGOBET
123samsung Situs Judi Online Terpercaya

Senin, 01 Januari 2018

Prosesi Pernikahan Orang India Sungguh Unik Dan Menarik

1xinfo.net - Masing masing kebudayaan memiliki proses pernikahan mulai dari melamar hingga upacara pernikahan. Di Indonesia sendiri, contohnya prosesi pernikahan ala adat jawa memiliki tahapan ritual yang panjang dibandingkan dari prosesi pernikahan yang biasa dilakukan oleh pasangan – pasangan yang ada d luar negri. Lain di Indonesia lain juga di India. mungkin kita sebelumnya sering menonton film India di televisi dan beberapa adegan dalam film biasanya terdapat acara pernikahannya juga. Tapi tahukah kalian prosesi pernikahan di India tidak se sederhana di film-film bollywood ?. 

Berikut kami sajikan proses ritual yang ada pada pernikahan ala India.

1. Ritual Shagun
Ritual Shagun yaitu, kunjungan ibu dari pihak pria datang menyambangi calon wanita. Ibu pihak pria akan membawakan hadiah berupa baju, sepatu, bahan pangan utama seperti beras, kacang-kacangan, perlengkapan harian yang biasa digunakan sang wanita dan juga perhiasan yang indah. Bersamaan dengan diantarnya hadiah ini, pada upacara Shagun akan dibicarakan tanggal pernikahan yang baik untuk kedua calon pengantin.

2. Ritual Pithi
Ritual pithi ini melambangkan keberuntungan. Dilakukan secara terpisah di kediaman masing-masing pria dan wanita. Tradisi ini mengolesi pasta yang terbuat dari turmeric seperti tepung dan air mawar di kulit calon pengantin.

3. Upacara Magni
Upacara Magni yaitu upacara pertukaran cincin oleh calon pengantin. Biasanya kalau di Indonesia, prosesi ini bersamaan dengan lamaran. Jadi, sekalian lamaran dan pertunangan. Selama upacara Magni, pengantin wanita memakai baju magni.

4. Upacara Mehndi
Mehndi adalah upacara ini dilaksanakan di rumah pengantin wanita pada malam upacara pernikahan atau beberapa hari sebelumnya. Proses ini bertujuan untuk menghias tangan dan kaki mempelai wanita dengan henna. Calon mempelai wanita biasanya ditemani dengan teman-teman terdekat dan saudara sepupu yang belum menikah. Masyarakat India percaya, semakin hitam mehndi semakin langgeng hubungan rumah tangganya.

5. Upacara Haldi
Dalam ritual ini, wewangian bunga melati dan aroma segar lainnya disiram di tubuh wanita dan pria. Keduanya pun dilarang keluar rumah, karena acara pernikahan akan berlangsung besok. Kalau di Indonesia namanya prosesi siraman.

6. Ritual Baraat
Ritual ini adalah saat pengantin pria tiba di tempat pesta pernikahan. Semua keluarga menyanyi diiringi dengan musik, lalu ibu pengantin wanita akan menyambut pengantin pria dengan ritual yang disebut Varah Satkaarah.

7. Ritual Kanyadaan
Yang terakhir adalah ritual Kanyadaan yaitu, penyerahan pengantin wanita kepada pengantin pria oleh keluarganya. Selanjutnya, pengantin wanita akan tinggal di rumah pengantin pria sebagai menantu mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami di Facebook