Latest News

1xbet
TEXASPOKER WIGOBET AFAPOKER RGOBET
123samsung Situs Judi Online Terpercaya

Rabu, 17 Januari 2018

7 Cara Membuat Bonsai Lohansung Bernilai Miliyaran Rupiah

1xinfo.net - Bonsai Lohansung, jenis tanaman unik yang satu ini mempunyai nama ilmiah Podocarpus Macrophyllus, selain dinamakan lohansung tanaman ini juga terkenal dengan nama Kusamaki atau Inumaki.

Lohansung adalah jenis tanaman conifer yang berasal dari genus Podocarpus family dari Podocarpaceae.

Tanaman kusamaki ini berasal dari Jepang dan juga China timur. Nama kumasaki dan inumaki berasal dari bahasa Jepang untuk menyebut tanaman lohansung ini.

Nama ini kemudian juga dipakai oleh orang Amerika dan Eropa untuk menyebut tanaman ini yang sebelumnya dinamakan dengan Buddhist Pine atau Fern Pine, meskipun sebetulnya tanaman ini sama sekali bukan family pine atau pinus.

Nama lain yang sering digunakan untuk penyebutan tanaman ini adalah Chinese yew.

Di negeri China sendiri tanaman ini dinamakan dengan luohan song, yang kemudian nama ini menjadi asal penyebutannya di Indonesia yaitu lohansung.

Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat popular di Negara Jepang, bahkan dijadikan tanaman resmi untuk bagian wilayah Chiba Prefecture, Jepang.

Ciri-ciri Tanaman Lohansung

Tanaman jenis conifer ini memiliki buah yang dapat dimakan, batang tanaman ini sangat tahan terhadap rayap dan air.

Selain itu, karakter daunnya yang kecil dan tebal membuatnya sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai bonsai.

Bahkan karena kualitasnya tersebut, batang pohon tanaman ini dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan rumah kayu berkualitas di Okinawa Jepang.

Tanaman ini juga memiliki harga yang sangat tinggi di Hong Kong, karena diyakini sebagai pohon bernilai feng shui yang bagus.

Sedangkan di Indonesia sendiri tanaman ini banyak diminati karena bisa dijadikan sebagai salah satu tanam hias bonsai yang cantik dan bernilai seni tinggi.

Cara Membuat Bonsai Lohansung
Untuk membuat tanaman bonsai lohansung yang indah, maka anda harus melakukan beberapa proses-proses dan tahapan-tahapan berikut ini;

1. Bakalan Bonsai Lohansung
Pertama, menyiapkan bibit atau bakalan tanaman lohansung yang akan dijadikan bonsai.

Untuk mendapatkan bakalan lohansung, anda bisa mendapatkannya dengan membeli atau memesan ditempat penjualan tanaman hias, baik secara langsung atau via online.

Masalahnya adalah tanaman ini untuk Indonesia tergolong masih jarang, oleh karena itu kemungkinan besar anda akan sedikit kesulitan untuk mendapatkannya.

Untuk itu anda bisa memesan langsung bibit tanam ini dari Jepang atau China. Namun mudah-mudahan anda bisa mendapatkannya di Indonesia.

Jenis bakalan pohon yang mampu berumur panjang ini biasanya berasal dari pencangkokan.


2. Media Tanam
Kedua, setelah anda mendapatkan bakalan bonsai yang diinginkan, maka selanjutnya adalah menyiapkan tempat atau media tanam bagi bakalan tersebut.

Media tanam yang dimaksud adalah wadah atau pot, untuk ukuran pot yang sesuai bagi bonsai ini, maka kami rekomendasikan ukuran pot yang mempunyai diameter sekitar 50-60 cm.

Wadah atau pot yang digunakan juga jenis pot dangkal yang memiliki kedalaman liang sekitar 15-20 cm.

Setelah tersedia pot yang sesuai, maka selanjutnya isi pot tersebut dengan media tanam berupa campuran dari tanah humus dan kompos atau bisa juga menambahkan pupuk kandang

Tips; sebaiknya media tanam untuk bonsai ini sudah anda persiapkan beberapa minggu sebelum pemindahan bakalan bonsai ke dalam pot.

Hal ini bertujuan agar kandungan tanah tempat penanaman tersebut telah tercampur merata. Selain itu tekstur media tanamnya juga tidak terlalu gembur sehingga bagus untuk tanaman.


3. Memindahkan Bonsai Ke Media Tanam Baru
Ketiga, setelah bakalan dan media tanam bonsai lohansung telah siap, maka kita bisa melakukan pemindahan bakalan untuk ditanam didalam pot.

Kemudian letakkan tanaman ini ditempat yang agak terbuka agar mendapat sinar matahari langsung.

Lakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari agar merangsang pertumbuhan lohansung lebih cepat.

Baca juga: 5 Tips Agar Bunga Anggrek Bulan Rajin Berbunga

Proses selanjutnya ialah menunggu tanaman indah ini agar tetap tumbuh dan berkembang hingga siap untuk didesain menjadi bonsai.

Lama waktunya berbeda-beda, sesuai dengan asupan nutrisi yang didapatkan serta perawatannya.


4. Membentuk Dan Mendesain Bonsai
Keempat, jika tanaman lohansung terlihat telah tumbuh sempurna yang ditandai dengan banyaknya cabang dan daun yang tumbuh.

Maka kita bisa memulai proses pembentukan bonsai.

Caranya ialah siapkan beberapa kawat yang berdiameter kira-kira 3 mm dengan panjang 50 cm sampai dengan 1 meter.

Kawat ini kemudian kita kaitkan salah satu ujungnya pada bagian sisi pot. Sedangkan ujung yang satunya kita gunakan untuk melilit bagian batang atau cabang yang ingin kita bentuk.

Baca juga: 40 Fakta Unik tentang Bunga Edelweiss, si Bunga Abadi

Cari bagian-bagian cabang yang ingin anda sesuaikan bentuknya, kemudian lilitkan  kawat tersebut.

Jika telah terlilit sempurna selanjutnya kita putar atau kita bengkokkan cabang yang telah terlilit tersebut dengan hati-hati kerah yang kita inginkan. Begitu juga dengan proses selanjutnya.

Biarkan bagian cabang yang terlilit hingga beberapa waktu sampai kita yakin cabang tersebut tidak bisa kembali lagi kebentuknya semula ketika lilitan kawat dilepaskan.

Baca juga: Jenis Bunga Terompet yang Tersebar di Dunia


5. Pelilitan Kawat
Kelima, selain melakukan peliitan kawat, proses selanjutnya yang sangat penting adalah melakukan pemangkasan terhadap daun atau ranting.

Proses pemangkasan ini harus rutin kita lakukan agar tanaman bisa kita pertahankan dalam bentuknya yang kecil.

Karena jika kita biarkan saja, maka tanaman tersebut akan tumbuh memanjang seperti bentuk alaminya dan tanamn bonsai yang kita inginkan tidak akan pernah terbentuk.

Jika anda menginginkan baik bentuk daun, bunga atau buah tanamannya semakin kecil maka sesekali lakukan penggundulan total terhadap daunnya.

Sebab dengan penggundulan daun maka daun baru yang muncul akan memiliki bentuk yang lebih kecil.


6. Perawatan Bonsai
Keenam, Salah satu factor penunjang agar tanaman bonsai lohansung yang dihasilkan sempurna adalah perawatan.

Karena percuma saja kita lakukan tahapan-tahapan seperti yang telah dijekaskan jika tanaman tersebut kita biarkan saja pada akhirnya.

Untuk jenis perawatan yang bisa kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut;

a. Pemupukan

Pemupukan, tanaman bonsai anda harus mendapat asupan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh sehat.

Oleh karena itu lakukan pemupukan secara rutin secukupnya. Artinya jangan terlalu jarang juga jangan terlalu sering. Sebab keduanya memiliki konsekwensi yang sama yaitu merusak tanaman.


b. Penyiraman

Penyiraman, untuk tanaman bonsai jenis ini, kami sarankan sebaiknya penyiraman dilakukan dengan intensitas 2 kali sehari pada pagi dan petang.

Pencegahan hama dan penyakit, selain pemupukan dan penyiraman, tanaman bonsai anda terkadang rentan terhadap serangan hama dan penyakit, yang biasanya akan merusak bentuk batang atau daunnya.

Oleh karena itu, anda perlu secara rutin melakukan tindakan pencegahan dengan menyemprotkan obat anti hama dan penyakit pada bonsai lohansung anda.

Namun jika tanaman bonsai telah terserang hama atau penyakit, tindakan yang bisa anda lakukan adalah melakukan penyemprotan atau dengan memotong serta membuang bagian-bagian yang terserang.


7. Harga Bonsai Lohansung Termahal
Bonsai lohansung termasuk bonsai yang memiliki harga yang cukup fantastis. Harga normal untuk jenis bonsai ini biasanya jutaan rupiah.

Sedangkan untuk harga bonsai lohansung termahal adalah bonsai yang pernah dipajang dalam Pameran dan Kontes Bonsai Nasional ESP Cup di Palembang tahun 2011 lalu.

Anda tau berapa harga yang dibanderol untuk bonsai pembawa hoki ini? (siap-siap menelan sirup)

Harga bonsai ini setara dengan harga mobil BMW 730Li, atau sekitar 1,2 miliar rupiah. Woow fantastic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami di Facebook