Latest News

1xbet
TEXASPOKER WIGOBET AFAPOKER RGOBET
123samsung Situs Judi Online Terpercaya

Jumat, 24 November 2017

Cara Memaster Anakan Kenari Secara Efektif

1xinfo.net - Burung kenari memiliki kemampuan belajar bernyanyi hingga dewasa. Meski memiliki suara asli yang merdu, tidak sedikit kicaumania yang lebih suka melihat kenarinya tampil beda dengan melakukan pemasteran. Melatih kenari agar memiliki suara bervariasi bisa dilakukan sejak masih anakan (umur di bawah tiga bulan). Berikut ini cara memaster anakan kenari secara efektif.

Secara umum, lingkungan sosial menjadi faktor penting dalam proses belajar bernyanyi seekor burung. Beberapa jenis burung pengicau seperti kenari mampu belajar lebih baik melalui metode pembelajaran secara live daripada menggunakan suara rekaman burung dari kaset / mp3 atau tape-tutoring.

Dalam sebuah penelitian disebutkan, kenari jantan muda yang dimaster secara live-tutoring dengan burung sejenis atau burung masteran lainnya akan menghasilkan suara nyanyian yang lebih unggul.

Pasalnya, proses pemasteran ini melibatkan song-sharing dengan burung tutor yang bisa meningkatkan stimulus di nuklei otak yang terlibat dalam proses memori atau ingatannya, yaitu auditori dan penglihatan.

Meski demikian, pemasteran dengan menggunakan suara rekaman burung juga bisa dilakukan jika dalam praktifknya tidak ada burung sejenis atau burung masteran lainnya yang bisa digunakan sebagai tutor. Tapi agar hasil pemasteran dengan suara rekaman bisa berjalan lebih efektif, perhatikan beberapa kondisi berikut ini:

* Suara rekaman harus mempunyai kualitas suara yang jernih dan bebas dari noise yang                         mengganggu, kecuali jika digunakan sebagai suara terapi.

* Suara yang dihasilkan oleh perangkat pemutar seperti tape, mp3 player, serta handphone                     mempunyai kualitas suara standar: tidak terlalu ngebas, juga tidak terlalu trebel.

* Suara rekaman tersebut terdiri atas satu jenis suara burung saja. Jika menginginkan     kombinasi,       sebaiknya cukup 2-3 jenis suara burung yang berbeda.

Sebelum melakukan tahap pelatihan atau pemasteran pada anakan kenari, beberapa hal berikut ini bisa diperhatikan demi kelancaran proses pemasteran agar hasilnya lebih efektif.

* Kenari yang akan dimaster berumur 10 minggu – 3 bulan. Sebab pada umur tersebut, kenari                 masih  punya daya ingat yang kuat terhadap suara-suara yang didengarnya.

* Tempat pemasteran berupa ruangan yang memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan matahari               secara normal.

* Pemasteran bisa dilakukan untuk beberapa anakan kenari sekaligus dalam satu ruangan.


Berikut ini cara memaster anakan kenari, baik secara live-tutoring maupun tape-tutoring.

1. Pemasteran secara live-tutoring

Pemasteran secara live dilakukan dengan burung induk, atau burung sejenis. Hal ini berlaku bagi Anda yang tetap menginginkan kenari bersuara standar.

Jika ingin mencetak kenari isian, pemasteran secara live tentu menggunakan burung masteran di luar kenari, misalnya blackthroat, edel sanger, mozambik, dan sebagainya.

Pastikan burung master atau burung tutor tersebut sudah dalam kondisi rajin bunyi, bukan burung bahan atau masih bakalan. Proses pemasteran dapat dilakukan dengan menggunakan 1-3 jenis burung masteran.

Apabila menggunakan beberapa burung master, maka sangkar anakan kenari digantang di tengah, dalam posisi lebih tinggi daripada sangkar burung tutor. Posisi ini memungkinkan anakan kenari tidak gampang stres, serta lebih fokus terhadap suara yang didengarnya.

Kalau Anda ingin memaster beberapa anakan kenari dalam ruangan yang sama, maka posisi sangkar mereka dibuat melingkar dan mengelilingi sangkar yang berisi burung masteran.

Pemasteran dilakukan setiap hari, mulai dari pukul 10.00 hingga 14.00, selama 3-4 bulan. Pencahayaan matahari dan sirkulasi udara yang baik akan membuat proses pemasteran berjalan lebih efektif. Sebab burung tutor bisa lebih rajin mengeluarkan suara kicauannya pada saat dilakukan pemasteran.

2. Pemasteran secara tape-tutoring

Anakan kenari yang akan dimaster diletakkan dalam ruangan kosong yang mempunyai pencahayaan matahari serta sirkulasi udara yang baik.

Jika ada beberapa anakan kenari yang mau dimaster, maka sangkarnya digantang secara melingkar di dalam ruangan tersebut. Di tengah-tengah ruangan itu diletakkan sebuah meja untuk menyimpan speaker atau perangkat elektronik yang digunakan untuk memutar suara masterannya.

Suara yang dihasilkan harus terdengar tidak terlalu kencang, tapi juga tidak terlalu pelan. Begitu juga dengan kualitas suaranya, sebaiknya menggunakan mode flat / standar.

Pemasteran ini dilakukan setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 14.00, selama 3-4 bulan atau sampai kenari berumur dewasa dan telah tercapai kematangan vokal.

3. Perawatan kenari anakan yang sedang dilatih

Untuk hasil yang lebih baik lagi, maka perawatan harian kenari yang dimaster dan tutornya harus selalu diperhatikan. Berikan pakan yang sesuai, termasuk pakan tambahannya, agar burung yang dimaster dan burung tutor sama-sama fokus terhadap proses pemasteran ini.

Untuk anakan kenari, berikan pakan berupa campuran bijian (pakan kenari), dilengkapi dengan pakan tambahan buah dan sayuran. Sediakan juga telur puyuh rebus yang sebelumnya telah diolesi minyak ikan.

Untuk menjaga kondisi fisiknya selama proses pemasteran, anakan kenari dan burung tutor bisa diberi multivitamin berkualitas seperti BirdVit.

Melalui pemasteran secara rutin disertai pola perawatan harian yang teratur, maka kenari setelah berumur dewasa akan mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi. Itulah tips atau cara memaster anakan kenari secara efektif.
Penting:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami di Facebook