Latest News

Jumat, 05 Februari 2016

Fakta-fakta Mengenai Vagina Yang Perlu Diketahui


Centralmaya.com | Vagina adalah bagian tubuh perempuan yang mengubungkan rahim (uterus) dan leher rahim ke luar tubuh. Vagina adalah tabung berotot yang dilapisi dengan selaput lendir. Pembukaannya adalah antara uretra (tempat keluar urin) dan anus.

Vagina memiliki elastisitas yang bagus, memungkinkan untuk masuknya penis untuk reproduksi. Selama kenikmatan seksual, cairan disekresi oleh dinding vagina yang bertindak sebagai lubrikasi (pelumas) saat berhubungan seksual. Selama menstruasi, darah akan keluar melalui vagina. Vagina juga menjadi jalan lahir bagi bayi selama proses persalinan. Peradangan vagina dikenal sebagai vaginitis.



Benda paling privat yang dimilikinya ini memang misterius. Misterius karena yang teringat di kepala adalah anatomi penerus keturunan dan pemberi kenikmatan belaka. Padahal?

Vagina lebih dari itu.

Untuk itu berikut beberapa poin tentang milik pasangan yang paling berharga ini.

#1  Besar-Kecilnya

Vagina memang punya ukuran layaknya penis, tapi bukan diukur dari bentuk luarnya. Bicara vagina, bicara tentang kedalamannya dan ketidak-dalamannya. Masalah dalam tidaknya vagina tak terlalu jadi masalah – tak seperti khawatirnya Anda dengan panjang-pendeknya penis! (Jadi lebih rempong pria atau wanita? Well … )

#2  Aroma

Persis penis, vagina pun punya aroma yang khas. Bedanya, tiap vagina punya beragam jenis aroma. (Dalam hal ini kita tak bisa menyebut apakah aroma masing-masing vagina itu wangi atau tidak, mengingat itu adalah poin yang relatif!). Oke, beberapa memang punya aroma yang kuat (cenderung bau) tapi jika kehigienisan dijaga itu tak masalah.

#3  Bentuk vagina

Ada beberapa vagina yang punya bibir besar, lalu ada yang berbibir kecil, atau ada juga yang berupa bibir rapat sehingga sulit dilihat dengan mata. Apapun bentuknya, satu yang perlu diingat anatomi ini adalah ciptaan Tuhan juga. Persis yang dilansir situs perempuan di luar sana. Don’t judge it!

#4  Warna

Warna vagina tak bisa disama-ratakan – persis penis yang juga tak bisa dipukul rata masalah warnanya. Bicara anatomi, semua berputar pada bentuk dan ukuran secara fisik. Sekali lagi: kita tak bisa menghakimi anatomi orang, bukan?

#5  Rambut vagina

Persis rumah, rambut vagina adalah hamparan halaman rumputnya. Orang tak akan keberatan sejauh hamparan rumput ini terlihat dirawat sang empunya rumah. Tak selalu harus sempurna dicukur, tapi satu hal yang pasti: tak ada orang yang iseng ingin main masuk ke rumah berhantu!

So, vagina bukan jadi sekadar area untuk ditaklukkan. Bagaimana menurut Anda?


Beberapa pria akan cukup berani untuk mengatakan mereka ahli ketika akan melakukan servis dengan vagina. Sebenarnya, tidak semua wanita tahu dengan baik tentang topik ini. Mengingat perannya lebih dalam urusan seks dan menghasilkan keturunan, maka dari itu butuh pemahaman yang lebih.

Menurut Dr. Ja-Hong Kim profesor yang menangani area pinggul di Kedokteran dan Rekonstruksi Bedah, UCLA Urologi, "Vagina adalah tempat yang sangat istimewa," Jelasnya. Disana lah ada banyak area yang bisa membuat wanita merasakan kenikmatan.

Bahasan ini tentu bukan hanya mengenai kenimatan semata. Ada beberapa ulasan lain yang wajib Anda dan si dia tahu tentang vagina. Mari simak.

#1 Intim dengan vagina

Mulai dari bagian awal ada klitoris yang menunggu, Ini adalah pusat kesenangan yang sangat sensitif bagi banyak perempuan. Lalu di bawah klitoris ada pembukaan uretra, untuk urin keluar dan area lain yang dapat membuat seorang wanita terangsang.

#2 Vagina berbeda-beda

Vagina tidak memiliki ukuran yang sama. Ketika menyaksikan film porno semua vagina terlihat sama. “Faktanya adalah persentase yang sangat kecil (memiliki kesamaan) dari populasi yang ada dan saya rasa wanita senang dengan bentuk vagina seperti itu,” ujar Kim. Ketika melihat organ vital – hati dan otak, semua organ tersebut mirip. Namun,  vagina wanita dari segi ukuran dan warna ternyata bervariasi, demikian juga jumlah lemak di sisi vagina.

#3 Siklus menstruasi

Faktanya kebanyakan wanita memiliki siklus mesntruasi yang sama sekitar tiga sampai tujuh hari. Penting untuk diketahui, wanita yang memiliki siklus pendek (sekitar 21 sampai 24 hari) memiliki kesempatan lebih besar untuk hamil selama menstruasi mereka daripada wanita siklus panjang. Sperma bisa hidup sampai 5 hari di dalam rahim, sehingga wanita dengan siklus pendek (yang berovulasi sekitar 4 sampai 5 hari setelah periode mereka) bisa berpotensi hamil paska berhubungan seks di akhir masa menstruasi.

#4 Umur merubah vagina

Sebagai perempuan dengan bertambahnya usia, vagina mereka cenderung akan kehilangan elastisitas dan pelumasan. Hal ini disebabkan perubahan hormonal yang umumnya menyertai menopause. Namun, "Jika seorang wanita tetap aktif secara seksual sepanjang hidupnya, itu (vagina) mempertahankan beberapa kebaikan," kata Kim. Maka stimulasi terus vagina si dia untuk dapat membantu menjaga kelenjar dan otot.

#5 Penis captivus

Sesuai namanya, penis captivus terjadi ketika penis laki-laki mendapat "terjebak" dalam vagina wanita. Hal ini sangat jarang terjadi pada manusia (lebih umum pada beberapa hewan) dan biasanya berlangsung hanya beberapa detik. Tapi itu bisa terjadi. Fenomena ini mungkin terjadi karena disebabkan oleh kontraksi otot wanita selama orgasme. Vagina dilapisi dengan banyak otot dan ketika orgasme, hal ini mungkin dapat menyebabkan tekanan pada penis sehingga ‘terjebak’ di dalam. Waduh!

#6 Membersihkan diri sendiri

Vagina mampu membersihkan dirinya sendiri dengan banyak cara. Kelenjar pada vagina menghasilkan cairan yang mengalir keluar setiap hari untuk membantu menyingkirkan sel-sel mati dan bahan berbahaya lainnya. Lipatan vagina juga melindungi terhadap infeksi dengan tetap berpegang sama untuk menjaga dari hal-hal di luar area vagina. Lalu kulit lipatan vagina juga memiliki kelenjar yang menghasilkan cairan yang disebut sebum, untuk perlindungan tambahan terhadap infeksi dan bahkan waterproofing. Namun ingat, vagina tidak boleh dicuci dengan sabun atau douched karena aktivitas tersebut dapat merusak cairan pelindung.

Tuh, segera beri tahu si dia untuk lebih memperhatikan area vaginanya



Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata vagina? Sebagian besar Anda mungkin akan menjawab dengan singkat: alat kelamin wanita. Benar memang ! Namun, tahukah Anda jika vagina menyimpan sederet fakta unik yang jarang sekali diketahui? Untuk tahu lebih jelasnya, simak beberapa poin berikut ini !

Vagina merupakan salah satu bagian dari organ intim wanita

Banyak orang beranggapan bahwa vagina adalah seluruh bagian yang ada di area genital wanita. Padahal, dijelaskan sejumlah ahli kesehatan, pendapat tersebut tidaklah benar. Pasalnya, vagina merupakan sistem reproduksi wanita yang terdiri dari leher rahim, rahim, indung telur, dan saluran telur, yang tak bisa dilihat dengan ‘mata telanjang’. Sementara itu, bagian alat vital wanita yang terlihat dari luar disebut vulva.

Otot vagina bisa dikencangkan dengan senam kegel

Sarankan pasangan Anda untuk rutin melakukan senam kegel ! Bilang padanya, senam tersebut tak hanya bisa memperkuat otot panggul,  tapi juga bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot vagina, demikian tutur ginekolog dari University of Missouri, Dr. Courtney Leigh Barnes. Ya, jika organ intimnya menjadi lebih kencang, hubungan seks Anda dan Si Dia pun akan terasa lebih nikmat.

Vagina akan tetap sehat dengan rutin berhubungan seks

Seiring bertambahnya usia, kadar estrogen wanita akan semakin berkurang. Akibatnya: Vagina pun akan menjadi kering dan bukan tak mungkin bisa menjadi sumber rasa sakit. Namun, katakan pada pasangan Anda ! Tak perlu terlalu khawatir dengan hal itu. Kenapa? Barnes menuturkan bahwa kesehatan vagina dapat tetap terjaga hanya dengan rutin melakukan hubungan seksual.

Vagina mampu menampung penis besar

Perlu Anda ketahui, vagina mampu menampung penis seorang pria dengan panjang 2,5-3,5 inci. Tak hanya itu, alat vital wanita tersebut juga bisa mengembang hingga 200 persen saat berhubungan seks atau saat melahirkan. Jadi, sebesar apa pun ‘senjata’ Anda, pasti akan muat saat masuk ke dalamnya.

Tak semua wanita punya selaput dara

Jika pasangan Anda tak berdarah saat malam pertama, janganlah langsung memvonisnya sudah tidak perawan lagi. Kenapa? Kata peneliti, tak semua wanita memiliki selaput dara, sebuah jaringan tipis yang kerap dikaitkan dengan keperawanan.

Hanya sperma pria yang bisa tenggelam di dalam vagina

Kondom atau tampon bisa tenggelam di dalam vagina ! Ya, stigma itu sudah melekat sejak lama di benak banyak orang. Padahal, sebenarnya, itu hanyalah sebuah mitos belaka. Periset mengungkapkan bahwa satu-satunya benda yang dapat tenggelam di vagina hanyalah sperma pria.


Sempat ngintip di situs lifestyle khusus kaum hawa di sebelah dan mereka dengan mantapnya mengelu-elukan eksistensi ‘gua sakti’ mereka, vagina. Haiya!

Memang tak bisa dipungkiri kalau pusaka mereka memang bisa melontarkan tubuh Anda hingga terasa sampai surge lapisan ketujuh. Tak bisa dipungkiri juga pusaka mereka juga bisa menciptakan ‘kloning’an alias penerus kehidupan eksistensi Anda di muka Bumi.

Jadi, apalagi kelebihan Miss V sampai-sampai dibilang lebih oke daripada Mr. P milik kita?

Simak ini:
#1. BISA ORGASME BERHARI-HARI

Ya, Miss V bisa orgasme hingga berhari-hari dalam hitungan jam! Saking hebatnya berorgasme, kita bisa memandangnya dengan heran dan takjub sekaligus merasa Miss V itu ‘gila’. Maklum, penis hanya bisa orgasme sekali saja dan setelahnya bikin kita tertidur. Duh …

#2. MEMBERSIHKAN SENDIRI

Banyak ginekologis yang menyarankan agar wanita tak usah repot membersihkan Miss V dengan apapun kecuali dengan air bersih saja. Mengingat pusaka mereka bisa membersihkan diri mereka sendiri. Bikin iri ndak sih: sementara kaum hawa mondar-mandir di terik matahari dengan santainya, eh, kita malah repot bersih-bersih Mr.P terus!

#3. BISA KURUNG MR.P!

Nah, ini yang ‘sadis’. Miss V bisa berfungsi sebagai penis captivus, menurut ginekologis Michael Krychman, M.D.. Itu kondisi dimana vagina bisa mendekap penis dengan kuat daripada sebelumnya, sehingga sulit untuk keluar dari lubangnya. Jadi, jika penis macam-macam, Miss V bisa dengan perkasa melumpuhkannya! Alamak …

#4. PUNYA LEBIH BANYAK URAT SYARAF

Vagina punya jumlah syaraf dua kali lipat lebih banyak dibanding Mr. P. Klitoris punya delapan ribu syaraf dan area pelvis punya sekitar 15 ribu syaraf lainnya. Bandingkan dengan penis yang hanya punya empat ribu urat syaraf saja. Dengan kata lain, vagina lebih terasa sensitif nikmatnya dibanding penis.

#5. BISA DILEWATI BENDA PADAT SEBESAR APAPUN!

Sorry, yang dimaksud ‘benda padat sebesar apapun’ bukanlah Mr P Anda, melainkan jabang bayi yang baru lahir! Bagaimana dengan Mr. P? Penis yang ereksi bisa patah – meski bisa disambung lagi. Tapi kondisi ‘bisa patah’ tersebut memperlihatkan kalau penis bukanlah obyek seks yang perkasa!

 Jadi … Jangan macam-macam dengan vagina!


Aroma dan bau memang bisa berpengaruh pada barometer percaya diri setiap orang. Pria dan wanita pasti sering merasa tak percaya diri jika bau-bau tak sedap sudah menempel di tubuh. Terlebih jika ingin melakukan aktifitas bercinta. Duh! Tentu aroma tak sedap bisa merusak suasana.

Sekiranya inilah yang sering jadi kendala bagi perempuan dan membuatnya jadi tak percaya diri. Ya! Bau di sekitar area Miss V yang mengganggu, misalnya. Menurut analisa data Google yang dikumpulkan Seth Stephen-Davidowitz, seorang ekonom, wanita merasa tidak percaya diri dengan aroma pada area genitalnya.

Dalam artikel yang dimuat New York Times, ia menulis, " Wanita kebanyakan khawatir Miss V mereka beraroma seperti ikan, atau cuka, bawang, ammonia, bawang putih, keju, bau badan, pesing, urin, pemutih pakaian, faeces, keringat, kaki, sampah bahkan daging busuk," tulisnya.

Namun, kira-kira seperti apa ya aroma Miss V yang sehat?

Menurut Dr. Vanessa Cullins, Vice President External Medical Affairs dan Planned Parenthood Federation of America, kebanyakan wanita mendeskripsikan aroma Miss V-nya seperti mawar. Bukan berarti wangi persis seperti mawar, namun cukup beraroma sekelebat yang mirip aroma mawar. 

Ya, walau seperti itu normalnya Miss V sendiri tidak memiliki aroma yang khas. Tetapi walau tak beraroma bukan berarti Miss V jadi aman dari berbagai macam bau. Jadi, ketika bercinta dan Anda mencium aroma tersebut segera beritahu si dia, karena besar kemungkinan aroma tak sedap tersebut pertanda penyakit.

#1  Bau amis

Jika tercium aroma bak ikan di area intim si dia, ini bisa menandakan adanya infeksi Bacterial Vaginosis (BV) pada Miss V. Sebenarnya ada berbagai jenis bakteri yang berkembang. Dr. Vanessa menuturkan bahwa bakteri pada Miss V sebenarnya normal untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan pH.

Namun, bukan berarti ini baik. BV bisa terjadi karena tidak seimbangnya berbagai jenis bakteri tersebut. Jika terjadi keputihan yang kental dengan berwarna putih atau keabuan, disertai bau amis yang menyengat dan rasa gatal, maka segera periksakan ke dokter.

#2  Aroma bawang

Gawat! Ternyata makanan yang dikonsumsi si dia juga bisa berpengaruh pada aroma Miss V, misalnya makanan dengan bau yang kuat seperti bawang. Jika makanan yang satu ini terlalu banyak dikonsumsi, maka urin dan cairan vagina akan ikut beraroma seperti bawang. Dr. Vanessa menjelaskan, “Untuk menghilangkan bau bawang, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mandi yang bersih dengan sabun dan air.” Biasanya dalam kurun waktu 24 hingga 48 jam aroma makanan yang kita konsumsi akan hilang dengan sendirinya. 

#3  Aroma ragi atau bir

Ini menandai adanya infeksi jamur dan biasanya bisa diatasi dengan obat anti jamur. Penyebab dari infeksi ini adalah berkembangnya jamur candida di area Miss V. Dr. Vanessa pun menjelaskan,"Sebenarnya jamur ada di setiap vagina wanita. Namun terkadang pertumbuhannya melebihi batas sehingga menyebabkan infeksi. Ini ditandai dengan keluarnya cairan kental seperti keju cottage (cairan tampak bergelembung). Kadang bisa sangat kental di dalam maupun sekitar vagina," terangnya.

 #4  Bau kecut

Miss V yang berbau kecut atau seperti makanan basi umumnya disebabkan infeksi yang disebut trichomoniasis. Infeksi trichomoniasis diakibatkan protozoa, hewan bersel satu yang ditularkan lewat hubungan seksual. Miss V yang sudah terkena infeksi ini biasanya akan mengeluarkan cairan keputihan beraroma menyengat. Jika si dia mengalami ini, segera minta padanya untuk mengobatinya dengan antibiotik.

Jika si dia mengalaminya, cepat obati agar malam intim aman-damai sejahtera!

Demikian postingan Centralmaya.com mengenai Fakta-fakta Mengenai Vagina Yang Perlu Diketahui yang dikutip dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami di Facebook